20 Februari 2009
Maraknya situs "dewasa" di internet cukup meresahkan masyarakat. TELKOM sebagai penyedia layanan internet menawarkan program internet sehat untuk mengantisipasi keberadaan content web yang tidak mendidik.
"Kami menyediakan program internet sehat untuk mengantisipasi situs-situs yang tidak mendidik" kata UGM Divre II TELKOM Mas'ud Khamid, kemarin.
Khamid menyebutkan, masyarakat saat ini, terutama kalangan pelajar, sedang mengalami demam internet (internet fever). Fenomena tersebut secara umum cukup menggembirakan karena bisa meningkatkan pengetahuan masyarakat. Untuk kemudahaan dalam mengakses internet, TELKOM saat ini telah menyediakan 3.500 hotspot di 2.500 lokasi se-Jabodetabek. "Dengan jumlah hotspot sebanyak itu, masyarakat dapat mengakses internet dengan mudah" ujar dia.
Namun, kemudahan mengakses internet tersebut, lanjut dia, perlu diimbangi dengan penyediaan fitur internet sehat.
Fitur tersebut untuk mengurangi akses negatif dari teknologi informasi.
Fitur Internet Sehat adalah pemasangan proxy web filter internet-sehat.telkom.net.id port 3128 pada pengguna TELKOM Net Instan. Tujuannya adalah mengurangi pembukaan konten negatif terkait kesusilaan, perjudian dan SARA. "Meski tidak menjamin 100 persen bisa menfilter materi negatif, fitur ini bisa menjadi alat bantu untuk menguranginya," jelas Mas'ud
Selain menyediakan fitur internet sehat, TELKOM juga memberikan bantuan komputer dan Pelatihan Internet di sekolah dan Pesantren melalui program IG2S (Internet Go To School) dan Santri Indigo.
posted by Fadhlan at 1:20:00 PM |



0 Comments: